Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan Tubuh Kita – Mengkonsumsi makanan goreng gorengan memang enak dan hampir semua orang pasti juga suka. Namun, berhati hatilah akan bahaya kesehatan akibat terlalu sering memakan goreng gorengan. Resiko mengalami berbagai penyakit akan muncul apabila sering sekali mengkonsumsi gorengan.  Penyebab penyakit itu di sebabkan karena gorengan mengandung lemak yang tinggi.

Minyak untuk menggoreng makanan termasuk dalam sumber lemak. Sesendok teh minyak untuk menggoreng makanan memiliki kandungan hingga 50 kalori. 50 kalori memang terlihat sedikit namun tidak mungkin Anda cuma mengkonsumsi satu sendok teh minyak per harinya.

Baca juga Wanita Gemuk Akan Menghadapi 5 Masalah Kesehatan Ini

Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan

Bahaya Sering Makan Gorengan Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Apa saja bahaya sering makan gorengan bagi kesehatan kita? Simak informasi di bawah ini :

1. Risiko terkena penyakit degeneratif

Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Leah Cahill, Department of Nutrition di Harvard School of Public Health, telah meneliti sebanyak 100.000 orang pria dan wanita selama 25 tahun. Hasilnya mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang digoreng paling tidak seminggu sekali lebih risiko menderita diabetes mellitus tipe 2 dan penyakit jantung. Risiko ini akan semakin tinggi apabila apabila semakin banyak mengkonsumsi gorengan.

2. Kegemukan dan Obesitas

Salah satu bahaya sering makan gorengan adalah kegemukan badan. Benar sekali bahwa risiko kegemukan hingga obesitas juga meningkat jika sering mengkonsumsi gorengan. Makanan yang banyak kendungan lemak umumnya juga berkalori tinggi, karena setiap 1 gram lemak setara dengan 9 kalori. Sehingga untuk satu sendok teh minyak gorengan saja sudah menyumbang 45 kalori. Apabila Anda sering makan yang digoreng, bukan tidak mungkin akan meningkatkan berat badan secara signifikan.

Baca juga Bahaya Kegemukan Badan Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

3. Menyumbat pembuluh darah

Arterosklerosis adalah plak yang menumpuk di pembuluh arteri. Plak ini dapat menyumbat aliran darah dari pembuluh arteri ke organ-organ penting di tubuh kita. Plak terbuat dari lemak, kolesterol, dan kalsium yang terdapat dalam tubuh, semakin lama plak ini akan mengeras dan akan menghambat peredaran darah.

4. Sumber lemak trans

Llemak trans ada dua jenis yaitu yang alami terdapat pada makanan (biasanya pada daging dan susu) dan yang satu lagi adalah lemak trans buatan, yang berasal dari proses hidrogenasasi, suatu proses yang digunakan untuk mengubah minyak menjadi bentuk padat. Jenis minyak seperti ini banyak digunakan untuk menggoreng di gerai fast food, karena sangat mudah disimpan, murah, dan bisa bertahan lama. Makanan yang diolah dengan metode deep fried umumnya memakai jenis minyak padat, karena minyak yang mengandung lemak trans memberikan rasa dan tekstur yang khas dan bisa digunakan berkali-kali.

Baca juga Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

5. Minyak goreng digunakan berkali-kali

Bahaya sering makan gorengan bagi kesehatan selanjutnya karena  minyak bisa digunakan berkali-kali. Masing-masing jenis minyak ada suhu maksimum, yang mana pada suhu maksimal tersebut, minyak akan mulai mengeluarkan asap pada saat dipanaskan. Suhu ini di namakan smoke point. Ketika mencapai smoke point, akanmenghasilkan zat berbahaya yang bersifat racun bagi tubuh, serta radikal-radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh kita.

6. Gorengan menyerap lebih banyak minyak

Gorengan memang terasa enak dan gurih. Hal ini karena tepung berbumbu yang digunakan sebagai pelapis. Tetapi tahukah Anda, bahwa tepung pada gorengan adalah salah satu sumber lemak terbanyak dalam gorengan? Sifat menyerap minyak yang dimiliki tepung ini membuat menjadikan  tepung di gorengan dapat menyimpan banyak minyak setelah mengalami proses penggorengan.

Itulah beberapa bahaya jika terlalu sering makan gorengan. Boleh boleh saja mengkonsumsi gorengan, namun jangan sampai berlebihan dan terlalu sering supaya terhindar dari berbagai resiko penyakit.

Minum Fiforlif © 2016