Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita – Memiliki berat badan ideal pastinya di ingin kan semua pria dan wanita.  Rasa percaya diri akan meningkat karena bentuk badan terlihat proposional yang tidak kegemukan ataupun terlalu kurus. Orang dengan bobot tubuh ideal kalau kemana mana akan tampil pede dan memilih pakaian juga relatif mudah karena berat badan ideal lebih mudah memilih pakaian sesuai bentuk dan ukuran badannya.

Sementara bagi orang yang terlalu gemuk akan berusaha keras berdiet demi mendapatkan berat badan ideal sedangkan orang yang bertubuh kurus akan berusaha menambah berat badannya dengan banyak makan agar berat badan proposional. Pertanyaan orang gemuk dan orang kurus pun biasanya sama, berapa berat badan yang ideal, bagaimana rumus cara menghitung berat badan ideal?

Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Apakah Anda salah satu orang yang juga belum tahu apa rumus dan cara menghitung berat badan ideal?

Rumus cara menghitung berat badan ideal adalah berat badan (BB) yang proporsional dilihat dari tinggi badan (TB), secara obyektif dinilai dengan indeks massa tubuh (IMT), yaitu BB/TB (kuadrat dalam meter). Kisaran IMT normal untuk orang Asia Pasifik adalah 18,5 – 22,9 kg/m2.

Contohnya seseorang dengan tinggi badan 160 cm dan berat badan 60 kg. Ubah tinggi badan dalam satuan meter, yaitu 1,60 m. Jadi IMT = 60/ (1,60 x 1,60) = 22,4 kg/m2. Artinya, masih dalam kategori normal untuk orang Asia Pasifik. Bila hasil penghitungan di atas 22,9 kg/m2 berarti overweight dan kurang dari 18,5 kg/m2 berarti kurus.

Selain itu, ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghitung berat badan yang ideal, yaitu dengan rumus TB – 100 (untuk tinggi badan 160 cm.

Selain mencapai berat badan ideal, tentunya kita ingin sehat dan langsing, yaitu kondisi di mana berat badan normal proporsional dan tidak menderita penyakit. Proporsional di sini tidak hanya dilihat dari berat badan dan IMT saja, tetapi juga komposisi tubuh dan kondisi metabolik.

“Komposisi tubuh yaitu apabila diperiksa massa lemak di dalam tubuh tidak berlebihan dan memiliki massa otot yang cukup. Jadi, kalau langsing dalam artian postur langsing dan berat badan normal tetapi massa lemak berlebihan, misalnya di perut, itu tidak sehat. Atau langsing tetapi kondisi metaboliknya terdapat ketidakseimbangan, misalnya kadar kolesterol yang tinggi, juga tidak sehat.”

Berat badan memang sebaiknya ideal/normal, karena bila berat badan di bawah normal ataupun lebih dari normal akan berhubungan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit. Dengan kata lain, dari segi kesehatan, berat badan ideal memiliki risiko penyakit yang lebih rendah, pun dari sisi estetika tentu badan ideal lebih indah.

“Nah, untuk mempertahankan agar berat badan tetap ideal, perlu pola makan dan aktivitas yang seimbang. Penting diketahui, berat badan adalah hasil dari keseimbangan antara kalori/energi yang masuk dari makanan dan kalori/energi yang dikeluarkan dari aktivitas. Apabila asupan lebih besar dari yang dikeluarkan maka energi akan disimpan dan hasilnya berat badan akan bertambah, begitu sebaliknya.” ( Nova )

Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan Rumus  BMI 

Rumus BMI (Body Mess Index) atau umum juga dimaksud IMT (Indek Massa Badan) kerapkali di jadiak referensi untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang. Hingga akhirnya bakal jadi berat tubuh ideal orang itu. Berukut ini rumusnya :
Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh)
Sebagai Contoh : Berat tubuh anda 50 kg : (1, 68 m x 1, 68 m) = 45 : 2, 82 = 17, 0 yaitu Nilai BMI anda.
STANDAR BMI UNTUK WANITA 
Nilai BMI Kategori
BMI 18 =Under Weight/Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
BMI 18 – 25 =Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk juga kelompok ideal
BMI 25 – 27 =Over Weight/Kegemukan – anda telah masuk kelompok gemuk. baiknya jauhi makanan berlemak serta awalilah tingkatkan berolahraga satu minggu minimum 2 kali
BMI 27 =Obesitas – Baiknya selekasnya bikin program turunkan berat tubuh lantaran anda termasuk juga kelompok obesitas/sangat gemuk serta tak baik untuk kesehatan.
STANDAR BMI UNTUK PRIA 
Nilai BMI Kategori
BMI 17       = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori
BMI 17 – 23   = Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk juga ideal
BMI 23 – 27   =Over Weight/Kegemukan – Mesti waspada
BMI 27      =Obesitas – Warning, baiknya mengawali program menurunan berat tubuh supaya lebih ideal.
Rumus Berat Badan Ideal Dengan Rumus BROCHA 
Seperti sudah kita singgung diatas, terkecuali BMI rumus Brocha juga kerap jadikan referensi dalam memastikan berat tubuh ideal seorang. Tersebut berikut ini bakal kita bahas langkah memakai rumus brocha untuk berat tubuh ideal anda.
Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Rumus BROCHA 
Berat wanita ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (15% x (Tinggi tubuh – 100))
Contoh kalkulasinya pada wanita yang mempunyai tinggi tubuh 167 cm, berapakah berat idealnya :
 (167 – 100) – (15% x Tinggi tubuh – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10, 5 = 56. 5 Kg
Jadi berat tubuh ideal wanita dengan tinggi 167 cm yaitu 56, 5 kg
NB : Prosentase 15% dapat dirubah jadi 10% dengan prasyarat bila wanita tersemut terasa begitu sehat serta begitu bugar.
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dengan RUMUS BROCHA
Berat pria ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100))
Contoh kalkulasinya bila diaplikasikan pada pria dengan tinggi tubuh 175 cm, berapakah berat idealnya :
 (175 – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7, 5 = 67. 5 Kg
Jadi berat tubuh ideal pria itu menurut rumus brocha yaitu 67. 5 kg

Dua rumus dan cara diatas adalah referensi untuk mengukur berat badan ideal Anda. Sering seringlah mengamati perubahan berat tubuh Anda agar tetap proposional karena kalau tubuh terllau gemuk akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan Anda. (Blog)

Minum Fiforlif © 2016